Kesulitan dan Kemudahan Itu Satu Paket

Kesulitan dan Kemudahan Itu Satu Paket
ilustrasi : puzzle kesulitan kemudahan

Allah SWT berfirman;

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Al-Insyirah: 5-6)

Dalam ayat ke lima dari surat alam nasyrah, Allah mengulang ayat tentang kemudahan bersama kesulitan pada ayat berikutnya.
jika kita renungkan maknanya, dapat kita pahami bahwa kemudahan diciptakan bersama dengan kesulitan. Kesulitan dan kemudahan bagaikan satu paket yang tidak terpisahkan. Rasulullah SAW sebagaimana dikutip Ibnu Katsir dari riwayat Anas bin Malik pernah mengilustrasikannya, saat  duduk bersama para sahabat di depan sebuah batu; “Saat kesulitan datang dan masuk batu ini, maka kemudahan pasti akan datang dan masuk pula menghilangkan kesulitan itu”.


Dalam tafsir Ibnu Abbas, lebih jauh diterangkan, bahwa Allah SWT menyebut, “Satu kesulitan di antara dua kemudahan”. Menurut penjelasan ulama, alasannya adalah karena kesulitan atau al-‘usr yang tersurat di dalam dua ayat ini memiliki bentuk definitif. Artinya, kesulitan yang ada di ayat enam sama dengan kesulitan yang ada di ayat kelima. Sedangkan kemudahan atau yusr  dalam ayat keenam berbeda dengan kemudahan dalam ayat sebelumnya. Artinya, kesulitannya sama. Setiap kesulitan itu terdapat  dua kemudahan yang berbeda.

Bagi Buya Hamka, dinginnya dinding penjara justru menjadi berkah baginya. Masa dua tahun di penjara, cukup bagi beliau mengkhatamkan al Quran lebih dari 150 kali, dan menulis Tafsir al Quran 28 juz.

TIM SUARMEDIA