Perbandingan Shalat Sendiri Dan Berjamaah

Perbandingan Shalat Sendiri Dan Berjamaah
Ilustrasi Shalat

Shalat berjamaah di masjid memang memiliki keistimewaan luar biasa dibanding shalat sendiri. Pahalanya pun berlipat ganda. Abdullah bin Umar Radhiallahu’anhuma menyampaikan bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

Shalat wajib berjamaah lebih utama daripada shalat sendiri sebanyak 27 derajat’ (HR.  Bukhari).

Dalam riwayat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu disampaikan bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, Shalat wajib bersama imam lebih utama daripada 25 kali shalat yang dikerjakan sendirian” (HR. Muslim)

berdasarkan hadis ini, lihatlah perbandingannya: Terdapat dua orang yang meninggal dunia pada umur yang sama. Orang yang pertama terbiasa menunaikan shalat  fardhu sendirian di rumah selama hidupnya. Adapun orang yang kedua, senantiasa menunaikan shalat fardhu berjamaah di masjid. Dengan demikian, jumlah pahala yang dapat diraup oleh orang kedua lebih banyak daripada orang yang pertama sebanyak 25 atau 27 kali.

Jika diasumsikan mereka berdua melaksanakan ibadah selama 40 tahun, maka dalam kurun waktu tersebut orang yang pertama telah melakukan shalat fardhu sebanyak 5 x 360 x 40 = 72.000 shalat. Adapun orang yang kedua dalam kurun waktu yang sama melakukan shalat tapi dengan berjamaah, maka dia dengan jumlah pahala 25 kali atau 27 kali lebih banyak sebanyak 1.800.000 shalat atau 1.944.000 shalat.

Bukankah seakan-akan orang yang kedua hidup lebih lama daripada orang yang pertama sebanyak 25 atau 27 kali? Artinya, pahala yang diperoleh oleh orang yang mengerjakan shalat fardhu di rumah selama 25 atau 27 tahun hanya membutuhkan waktu selama setahun jika dikerjakan dengan berjamaah di masjid.

Wallahu A’lam.