Shalat Di Rumah Wanita Tak Kalah Dengan Pria Berjamaah Di Masjid

Shalat Di Rumah  Wanita Tak Kalah Dengan Pria Berjamaah Di Masjid
Ilustrasi Ibadah

Tidak tertutup kesempatan bagi wanita untuk memperoleh pahala yang berlipat ganda. Jangan menyangka bahwa para wanita yang shalat di rumah terhalang dari keutamaan pahala shalat berjamaah yang begitu menggiurkan itu.  Karena  bagi wanita shalat di rumah lebih utama daripada shalat di masjid, meskipun masjid tersebut adalah masjid nabawi,  tempat di mana pahala shalat dilipatgandakan sebanyak 1.000 kali.

Ummu Humaid, Istri Abu Humaid as-Assa’idiy  pernah mendatangi Nabi shallallahu’alaihi wa sallam seraya berkata, Wahai Rasulullah, sungguh saya suka shalat bersama Anda. Nabi saw menjawab: “Sungguh aku mengetahui bahwa engkau suka shalat bersamaku. Namun shalatmu di kamar tidurmu lebih baik dibandingkan shalatmu di ruang tengah rumahmu; dan shalatmu di ruang tengah rumahmu lebih baik dibandingkan shalatmu di masjid khusus rumahmu. Dan shalatmu di masjid khusus rumahmu lebih baik dibandingkan shalatmu di masjid yang ada di lingkunganmu. Dan shalatmu di masjid yang ada di lingkunganmu lebih baik dibandingkan shalatmu di masjidku ini (masjid Nabawi). Kemudian UmmuHumaid minta dibangunkan ruangan khusus untuk mengerjakan shalat di  bagian yang paling pojok dan paling gelap di rumahnya. Maka beliau pun senantiasa shalat di sana hingga wafat” (HR. Ahmad)//

Oleh karena itu, wanita tidak patut berkecil hati karena mereka pun dapat memperoleh pahala yang berlipat ganda sebagaimana kaum pria. Bahkan bisa jadi pahala yang diperoleh wanita melebihi pahala yang diperoleh pria dengan shalat yang mereka kerjakan di rumah.

Wallahu A’lam.