Wudhu Tidak Sekedar Bersuci

Wudhu Tidak Sekedar Bersuci
Ilustrasi Wudhu

Bersuci dengan wudhu tidaklah sekedar bersuci untuk melakukan ibadah, tapi wudhu sebenarnya sudah masuk dalam inti ibadah. Dalam prosesi wudhu sudah banyak pahala yang bisa diraih seorang muslim.

Rasulullah Saw bersabda: ”Seorang muslim atau mukmin ketika membasuh wajahnya dalam berwudhu, dosa yang telah dilakukan matanya akan berjatuhan dari wajahnya bersama tetesan air wudhunya, hingga tetesan air yang terakhir. Jika ia membasuh kedua tangannya , dosa yang telah dilakukan kedua tangannya akan berjatuhan bersama tetesan air wudhunya, hingga tetesan air yang terakhir. Kemudian jika ia membasuh kedua kakinya, maka setiap dosa yang telah dilakukan oleh kedua kakinya, akan berjatuhan bersama tetesan air wudhunya, hingga tetesan air yang terakhir, sampai akhirnya ia pun bersih dari dosa-dosa.” (HR. Muslim, Ahmad dan Tirmidzi).


Rasulullah saw bersabda; “Maukah kuberitahukan perbuatan yang dinilai Allahdapat dapat menghapus dosa-dosa kalian, dan akan meninggikan derajat kalian ?” Para sahabat berkata, “ya wahai Rasulullah.” Rasulullah saw bersabda lagi; ” menyempurnakan wudhu meskipun dalam kondisi sulit, memperbanyak langkah ke masjid, lalu menunggu datangnya sholat berikutnya setelah mengerjakan sholat sebelumnya. Itulah yang dinamakan dengan ribath (siap siaga).” (HR muslim).

begitu besar keutamaan wudhu yang tampak remeh ini..sampai sampai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sungguh umatku kelak akan datang pada hari kiamat dalam keadaan (muka dan kedua tangannya) kemilau bercahaya karena bekas wudhu. Karenanya, barangsiapa dari kalian yang mampu memperbanyak kemilau cahayanya, hendaklah dia melakukannya (dengan memperlebar basuhan wudhunya)” (HR. Bukhari dan Muslim)

wallahu a’lam.